RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 3 Pattallassang
Mata
Pelajaran : Prakarya (Kerajinan)
Kelas
/ Semester : VII/Satu
Materi Pokok :
Pembuatan Kerajinan Bahan Serat dan Tekstil
Alokasi Waktu :
3 Pertemuan (6 JP)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI
INTI
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya (indirect teaching)
|
2. Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya (indirect teaching)
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori..
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Siswa mampu:
3.1 Memahami
pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan
tekstil
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian serat
3.1.2
Mendeskripsikan jenis, sifat dan karakter serat
3.1.3
Mendeskripsikan teknik pengolahan serat
|
3.2 Memahami
pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk
kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif
|
3.2.1 Mendeskripsikan alat dan bahan pembuatan, dan penyajian
produk kerajinan dari bahan serat
3.2.2 Mendeskripsikan teknik perancangan pembuatan kerajinan serat
|
4.1 Memilih
jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi
daerah setempat (misal: rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain,
tali plastik dan lain-lain)
|
4.1.1 Mengidentifikasi jenis bahan dan teknik
pengolahan serat sesuai wilayah setempat
|
4.2 Merancang,
membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang
kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal:
rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan
lain-lain)
|
4.2.1 Merancang pembuatan produk dari serat
pohon pisang yang ada didaerah tempat tinggal peserta
didik
4.2.2 Membuat kerajinan serat pohon pisang
yang ada didaerah tempat tinggal peserta didik
4.2.3 Menyajikan produk hasil karya
kerajinan serat pohon pisang yang ada didaerah tempat tinggal peserta didik
|
Fokus nilai-nilai
sikap: religious, jujur, kerjasama,
teliti, bertanggung jawab dan gotong royong
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat :
3.1.1 Menjelaskan pengertian serat
3.1.2 Mendeskripsikan jenis, sifat
dan karakter serat
3.1.3 Mendeskripsikan teknik pengolahan serat
Pertemuan
kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat :
4.1.1 Mengidentifikasi jenis bahan dan teknik
pengolahan serat sesuai wilayah setempat
Pertemuan ketiga
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat :
3.2.1 Mendeskripsikan alat dan bahan pembuatan, dan penyajian
produk kerajinan dari bahan serat
3.2.2 Mendeskripsikan teknik perancangan pembuatan
kerajinan serat
D. Materi
Pembelajaran
1.
Materi Reguler
Pertemuan
Kesatu
· Pengertian serat
· Jenis, sifat dan karakteristik bahan serat dan tekstil
· Teknik pengolahan serat dan
tekstil
Pertemuan
Kedua
·
Pengolahan bahan serat tumbuhan
Pertemuan
Ketiga
·
Perancangan
·
pembuatan karya kerajinan Serat pohon pisang
2.
Materi Pengayaan
·
Memberi tugas kepada kelompok untuk
membuat kerajian serat
yang lain seperti serat kelapa, serat nanas dan ditugaskan pula membuat laporan kegiatan pembelajaran disertai
dengan foto-foto kegiatan.
3.
Materi Remedial
·
Mengulang materi pembelajaran regular
dengan metode pembelajaran yg disesuaikan dengan karakter peserta didik.
E. Metode Pembelajaran
Pembelajaran dengan Metode pembelajaran Projek Based Learning,
F. Media Dan Bahan
1. Media:
-
Chart/gambar-gambar jenis-jenis
kerajinan tekstil
-
File berisi slide-slide gambar jenis-jenis serat
-
Lembar Kerja Peserta didik
- Contoh beberapa
produk hasil kerajinan serat pisang
-
2. Bahan:
- Bahan-bahan
yang dibutuhkan untuk pembuatan
No
|
Nama
Bahan
|
Jumlah
|
1
|
Pelepah
batang pisang
|
Lembar
|
2
|
Lem Fox putih/kuning
|
1 buah
|
3
|
Kaleng
susu
|
1 buah
|
4
|
Kain
Goni
|
25 cm
|
5
|
Hiasan
biji-bijian /kancing
|
3 buah
|
Alat
- Papan tulis, alat tulis.
- Peralatan
untuk pembuatan
produk kerajinan serat pisang
No
|
Nama Alat
|
Jumlah
|
1
|
Cutter/gunting
|
1 Buah
|
2
|
Setrika
|
1 Buah
|
3
|
Mistar
|
1 Buah
|
4
|
G. Sumber Belajar
1)
Kemdikbud.2015.Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1.Kemdikbud RI.Jakarta.
2)
Kemdikbud.2015.Prakarya SMP/ MTs Kelas VIISemester 1.Kemdikbud RI.Jakarta.
3) Hand out materi
pembelajaran.
4) Lembar Kerja Peserta didik.
5) Job
sheet untuk pembelajaran
praktik pembuatan kerajinan dari serat pisang
6) Materi pembelajaran
yang relevan dari internet :
7) Aneka produk kerajinan dari serat pisang http://id.atreblog.net diambil
pada tanggal 7 mei 2016.
H. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama: 2JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1)
Peserta didik bersama guru
berdoa dipimpin oleh ketua kelas sebelum memulai
pelajaran
2)
Peserta
didik menyiapkan kondisi psikis dan fisik untuk siap
belajar dengan Menyanyi bersama lagu Nasional
Indonesia Raya
3)
Guru mengecek kehadiran dan perlengkapan
belajar peserta didik
4) Guru
mengecek
penguasaan awal kompetensi yang sudah dimiliki peserta didik melalui tanya
jawab dengan peserta didik tentang pengertian serat, misalnya: guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan contoh-contoh
serat dalam chart/gambar/produk misalnya:“Anak-anak, perhatikan gambar ini! Serat apakah ini? Anak-anak, hari
ini kita akan belajar tentang serat sebagai bahan baku produk.
5)
Peserta
didik menjawab serangkaian pertanyaan
lisan guru secara bersama-sama (penilaian formatif dengan teknik jawaban bersama untuk mengecek penguasaan kompetensi yang
dipelajari sebelumnya).
6)
Peserta didik
menyimak informasi guru mengenai tujuan pembelajaran
yang akan dicapai dan mengenai manfaat mempelajari materi pokok pengertian serat, jenis,
karakter dan teknik pengolahan serat berdasarkan potensi wilayah setempat.
7)
Peserta didik menyimak
guru menyampaikan garis besar cakupan materi pembelajaran
untuk
pertemuan pertama tentang :
Pengertian serat, jenis dan karakter bahan serat yang ada di
daerah dan kegiatan yang akan dilakukan.
8) Peserta didik
menyimak guru menyampaikan lingkup penilaian,
dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Fase I : Orientasi peserta
didik pada masalah
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru atau mencermati buku prakarya VII hal 3-11
b. Peserta didik mengamati (membaca) dan
memahami masalah secara individu dan mengajukan hal-hal yang belum dipahami
terkait masalah yang disajikan
c. Jika ada peserta didik yang mengalami masalah, guru mempersilakan peserta
didik lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan
secara klasikal
d. Guru meminta peserta didik menuliskan informasi yang terdapat dari masalah
tersebut secara teliti dengan menggunakan bahasa sendiri
e.
Peserta didik mampu mengamati bahan pengolahan serat dari
batang pisang melalui gambar atau objek
langsung dan diminta menyebutkan jenis dan karakteristik bahan serat dari
batang pisang, minimal 3 jenis bahan serat di lingkungan sekitar Kegiatan tersebut merupakan kegiatan literasi (multi moda)
Fase II : Mengorganisasikan peserta
didik belajar
a.
Peserta didik membaca berbagai referensi tentang
berbagai jenis serat serta proses pengolahannya
b. Memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik isi gambar
tersebut.
c. Guru meminta peserta didik membentuk kelompok heterogen (dari sisi
kemampuan gender, budaya, agama maupun budaya) sesuai pembagian kelompok yang
telah direncanakan oleh guru
d. Peserta didik berkelompok, mengisi lembar kerja
(tabel) yang telah disiapkan oleh guru dengan membaca buku peserta didik, buku
referensi yang disiapkan oleh guru ataupun disiapkan oleh peserta didik dari
perpustakaan dan handout materi ajar untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam mendapatkan data/informasi,
diantaranya tentang: pengertian, jenis, manfaat dan bahan serat, tahapan
pembuatan karya
e. Guru membagikan lembar kerja peserta didik yang berisikan masalah dan
langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik berkolabirasi untuk
menyelesaikan masalah
f. Guru berkeliling mencermati peserta didik bekerja, mencermati dan menemukan
kesulitan yang dialami peserta didik serta memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami
g. Guru meminta masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi permasalahan
yang ada disekitarnya berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan yang dilakukan.
h. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Guru memberikan
penguatan materi
i. Guru mengajak peserta didik untuk menghargai hasil presentasi kelompok
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
1)
Guru memfasilitasi peserta didik
membuat butir-butir simpulan mengenai konsep yang telah dikonstruk oleh peserta didik
berkaitan dengan pengertian serat, jenis, sifat dan karater serat, misalnya: pohon pisang
termasuk salah satu jenis serat yang dapat digunakan sebagai bahan
baku produk kerajinan.
2)
Guru memfasilitasi peserta didik dalam proses
dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan pertanyaan lisan (post
test) berkaitan dengan pencapaian kompetensi untuk pertemuan pertama,
misalnya:”Anak-anak, kalian telah belajar tentang serat
sebagai bahan baku kerajinan. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan serat? Sebutkan jenis serat, Ada berapa macam teknik yg digunakan dalam
pengolahan serat.
3)
Peserta didik menyimak guru menyampaikan rencana tugas untuk melakukan observasi dan
wawancara terhadap pengrajin serat
yang khas di daerah
mereka, serta
meminta kepada peserta didik untuk membawa contoh-contoh jenis kerajinan dari serat dan bahan alat yg digunakan serta tahapan pembuatannya yang
diperoleh dari perpustakaan atau
internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
4) Peserta didik
menyimak guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
5)
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
bersama-sama Menyanyikan lagu Nasional/lagu daerah Nusantara
(Penguatan
Nilai-nilai karakter Bangsa).
6)
Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah
2. Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1)
Peserta didik bersama guru
berdoa dipimpin oleh ketua kelas sebelum memulai
pelajaran dan Menyanyi bersama lagu Nasional Indonesia
Raya
2)
Guru mengecek kehadiran dan perlengkapan
belajar peserta didik
3)
Peserta
didik menjawab pertanyaan-pertanyaan lisan guru mengecek penguasaan kompetensi
yang dipelajari sebelumnya
4)
Peserta didik
menyimak informasi guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan
chart, gambar-gambar pada buku
peserta didik dan tayangan media video
tentang produk
kerajinan serat. Guru
menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas
kelompok yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni tentang
observasi dan wawancara terhadap pengrajin serat di daerah mereka. Hasil observasi tersebut
akan dipergunakan oleh peserta didik sebagai referensi untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
6)
Guru menyampaikan cakupan
kompetensi untuk pertemuan kedua tentang lanjutan fase pembelajaran
sebelumnya.
7)
Peserta didik menyimak
guru menyampaikan media video tentang produk
minuman segar dari buah segar di daerah
setempat, misalnya: es jus jambu biji, setup nanas, es jeruk, dsb
8)
Peserta didik menyimak
guru menyampaikan lingkup penilaian, dan teknik penilaian yang akan digunakan yaitu:
pengetahuan dan keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Fase III : Identifikasi Masalah
Peserta didik dengan bimbingan guru
berdiskusi kelompok mengidentifikasi sebanyak mungkin
masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan
dirumuskan dalam bentuk hipotesis.
Misalnya : kondisi wilayah tempat
peserta didik pada umunya berkebun pisang. Selama ini batang pisang menjadi
sampah busuk dan tidak dimanfaatkan.
Fase IV : Mengumpulkan Data
Peserta
didik dengan
bimbingan guru berdiskusi kelompok, mencermati buku peserta didik, buku
referensi yang disiapkan oleh guru ataupun peserta didik, handout materi ajar serta hasil tugas observasi dan wawancara
tentang jenis-jenis serat, sifat dan karakteristik untuk memperoleh
pengetahuan tentang serat dan pengolahannya
Fase V : Pengolahan Data
Peserta didik dengan
bimbingan guru mengolah data dan informasi yang telah diperoleh, misalnya
kemungkinan serat pisang digunakan sebagai bahan baku kerajinan, sumber serat
pisang dapat diperoleh dari mana saja.
Fase VI : Pembuktian
Peserta
didik berkelompok, mencermati karya peserta didik, Peserta didik dengan bimbingan guru
berdiskusi kelompok melakukan pemeriksaan secara cermat
untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang ditetapkan dihubungkan dengan
hasil
Fase VII : Menarik
Kesimpulan
1)
Kelompok peserta didik dipandu guru mempresentasikan
kesimpulan dari hasil
diskusi mereka. Guru memberikan penguatan.
2) Peserta diidik dengan
bimbingan guru berdiskusi kelompok merancang
pembuatan karya kerajinan serat
3) Peserta didik dengan
bimbingan guru berdiskusi kelompok
merencanakan pembuatan karya kerajinan serat batang pohon pisang
4) Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi semua kelompok dan membahas
pembagian tugas kelompok untuk persiapan praktik.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi Peserta didik
membuat butir-butir simpulan mengenai konsep dalam
memilih bahan baku produk kerajinan, yang telah dikonstruk oleh peserta,
misalnya:”Anak-anak, kalian telah berhasil memberikan pembuktian
bahwa serat pohon pisang dapat dijadikan bahan baku produk yang berkualitas
baik. Sekarang
tolong, jelaskan karakteristik serat pisang”
2) Peserta didik bersama-sama
guru melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.
3) Guru memfasilitasi peserta didik
menguraikan manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
4) Peserta didik
menyimak guru
yang menyampaikan tugas individu
tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu praktik pembuatan produk dari serat pisang
5) Peserta didik menyimal
guru menyampaikan tugas dari agar membawa bahan dan
peralatan berdasarkan pembagian tugas dalam kelompok untuk praktik pembuatan serat pisang pada pertemuan berikutnya.
6) Penguatan
Nilai-nilai karakter Bangsa (Menyanyikan lagu Nasional/lagu daerah Nusantara.
7) Peserta didik
melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
3.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1)
Peserta didik bersama guru
berdoa dipimpin oleh ketua kelas sebelum memulai
pelajaran dan Menyanyi bersama lagu Nasional Indonesia
Raya
2)
Guru mengecek kehadiran dan perlengkapan
belajar peserta didik
3)
Guru bertanya mengenai kesiapan peserta
didik untuk pembelajaran praktik pembuatan kerajinan dari serat pisang, diantaranya mengenai kelengkapan bahan dan
alat yg digunakan serta cara penyajian produk.
4) Peserta didik
menyimak informasi guru mengenai cakupan kompetensi pembelajaran
pada pertemuan ketiga yaitu praktik pembuatan produk kerajinan dari serat
pisang
5) Peserta didik
menyimak guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu:
aspek sikap, pengetahuan, keterampilan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu: kinerja dan penilaian produk (keterampilan).
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Peserta didik mengamati dan membaca Job sheet tentang pembuatan produk kerajinan
dari serat pisang yang akan dipraktikkan;
2) Peserta didik berkelompok,melakukan persiapan sesuai deskripsi tugas
masing-masing untuk praktik pembuatan produk kerajinan dari serat pisang
3) Peserta didik dengan
bimbingan guru berdiskusi kelompok mengecek
persiapan bahan dan alat untuk praktik pembuatan
produk kerajinan dari serat pisang melakukan berdasarkan
deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja:
-
bekerjasama dalam penggunaan alat dan bahan saat melakukan
praktik pembuatan produk kerajinan serat pisang;
-
teliti dalam melakukan berbagai kegiatan ketika praktik pembuatan produk kerajinan serat pisang;
-
hati-hatilah dalam bekerja baik saat
menggunakan peralatan tajam, listrik,
-
jaga kebersihan dan kerapihan.
4) Peserta diidik dengan
bimbingan guru berkelompok merancang pembuatan produk kerajinan serat pisang dan memperhatikan keselamatan kerja;
5)
Peserta diidik dengan bimbingan guru
berkelompok membersihkan peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan
kerja;
6)
Peserta diidik dengan bimbingan guru
berkelompok mengembalikan dengan benar semua alat dan bahan yang telah selesai
dipergunakan untuk kegiatan praktik;
7)
peserta didik bersama guru melakukan evaluasi hasil pembuatan produk kerajinan serat pisang
c.
Kegiatan Penutup (12
menit)
1)
Guru memfasilitasi Peserta didik melakukan
refleksi dengan mengevaluasi
terhadap seluruh aktivitas pembelajaran praktik pembuatan produk
kerajinan serat pisang, dilanjutkan
dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran,
misalnya:”Anak-anak, kalian telah belajar bagaimana membuat produk kerajinan serat pisang. Jelaskan bagaimana cara pembuatan produk
kerajinan serat pisang yang telah kamu praktikkan!”
2)
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3)
Peserta didik menyimak guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
pada pertemuan berikutnya yaitu membuat kliping berbagai jenis serat berdasarkan potensi
daerah.
4) Penguatan
Nilai-nilai karakter Bangsa (Menyanyikan lagu Nasional/lagu daerah Nusantara.
5)
Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah
mengucapkan terima kasih
I. Penilaian
1.
Teknik penilaian
a.
Penilaian Sikap
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat
Lampiran
...
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa
(positif atau negative) peserta didik Penilaian Pengetahuan (Test Tertulis/Uraian Test)
b. Pengetahuan : Tes Tertulis (uraian)
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Lisan
|
Pertanyaan
(lisan) dengan jawaban terbuka
|
Jelaskan
pengertian Menggambar posteri!
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for learning)
|
2
|
Penugasan
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah,
menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Jelaskan
pengertian poster!
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Tertulis
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah,
menjodoh-kan, isian, dan/atau lainnya
|
Jelaskan
pengertian ilustrasi!
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
c. Penilaian
Keterampilan
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh Butir
instrumen
|
Waktu
|
Ket
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Mempresentasikan
peragaan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan secara
berkelompok.
|
Selama atau
usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
Portofolio
|
Sampel produk
terbaik dari tugas atau proyek
|
Membuat
laporan proyek tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan.
|
Saat
pembelajaran usai
|
Penilaian
untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian
keterampilan
|
2.
Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
3. Pembelajaran Remedial
a.
Berdasarkan hasil analisis penilaian bagi peserta
didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran
dengan bentuk remedial yaitu:
b.
Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih peserta
didik belum mencapai ketuntasan
c.
Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% peserta
didik belum mencapai ketuntasan
d.
Bimbingan perorangan, jika 1-10% peserta didik
belum mencapai ketuntasan
4. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang
sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan brntuk
pengayaan Materi tambahan yang sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu dengan
meringkas buku-buku reverensi lain tentang mengambar :
Menggambar dan mewarnai Poster yang ada dilingkungan sekolah dengan budaya setempat
Perolehan Nilai
Interval Nilai
|
Predikat
|
Keterangan
|
> 92-100
|
A
|
Sangat baik
|
>
83-92
|
B
|
Baik
|
≥
75-83
|
C
|
Cukup
|
< 75
|
D
|
kurang
|
Keterangan:
Nilai Peserta Didik tiap nomor =
x bobot soal
Program Tindak
Lanjut
1. Peserta didik yang
memperoleh nilai KD < KKM mengikuti remedial.
2. Peserta didik yang
memperoleh nilai KD ≥ KKM lanjut ke KD berikutnya melalui kegiatan pembelajaran
individual (Individual Learning)
Mengetahui,
Kepala SMPN 3 Pattallassang
Drs.
La Sahidu
NIP
19601231 198301 1 031
|
Pattallassang, 09 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
Sitti Suryani, S. Pd., M.Pd
NIP. 19740721 200901 2 002
|
Lampiran
Penilaian
sikap
RUBRIK PENILAIAN JURNAL
Nama Sekolah : SMP …………………..
Mata Pelajaran :
Prakarya
Kelas/Semester :
VII/Satu
Tahun Pelajaran :
2018/2019
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta Didik
|
Catatan Prilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda Tangan
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
*)
Keterangan bisa berupa tindak lanjut dan/atau perkembangan sikap peserta
didik setelah dilakukan pembinaan.
Perilaku
siswa yang dicatat di dalam jurnal pada dasarnya adalah perilaku yang sangat
baik dan/atau kurang baik yang berkaitan dengan indikator dari sikap spiritual
dan sikap sosial. Setiap catatan memuat deskripsi perilaku yang dilengkapi
dengan waktu dan tempat teramatinya perilaku tersebut. bagi guru mata pelajaran
1 (satu) jurnal digunakan untuk setiap kelas yang diajarnya. Pada akhir semester guru mata pelajaran dan guru BK meringkas
perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial setiap siswa dan menyerahkan
ringkasan tersebut kepada wali kelas untuk diolah lebih lanjut ke dalam nilai
rapor
Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Jurnal Sikap
Spiritual & Sosial Oleh Pendidik
Nama Sekolah : SMP …………………..
Mata Pelajaran :
Prakarya
Kelas/Semester :
VII/Satu
Tahun Pelajaran :
2018/2019
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta Didik
|
Catatan Prilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda tangan
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
Keterangan bisa berupa tindak lanjut dan/atau perkembangan sikap
peserta didik setelah dilakukan pembinaan.
Catatan:
C. Fokus penguatan
karakter disiplin dan bertanggung jawab.
D.
Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif)
peserta didik.
PENILAIAN PENGETAHUAN
Sekolah : SMP……………………
Mata
Pelajaran : Prakarya (Kerajinan)
Materi pokok : Serat
Kelas/Semester : VII/Satu
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (6 JP)
KISI-KISI
SOAL
Kompetensi Dasar
|
Kelas/
Semester
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis,
sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil
|
VII/1
|
Pengertian serat
Jenis dan karakteristik bahan
serat.
Serat tumbuhan
Pengolahan bahan serat tumbuhan
|
3.1.1 Menjelaskan pengertian serat
3.1.2 Mendeskripsikan jenis, sifat dan karakter serat
3.1.3 Mendeskripsikan teknik pengolahan serat
4.1.1 Mengidentifikasi jenis
bahan dan teknik pengolahan serat sesuai wilayah setempat
4.2.1. Merancang pembuatan produk dari serat pohon
pisang yang ada didaerah tempat tinggal peserta didik
4.2.2. Membuat kerajinan serat pohon pisang yang ada
didaerah tempat tinggal peserta didik
4.2.3. Menyajikan produk hasil karya kerajinan serat
pohon pisang yang ada didaerah tempat tinggal peserta didik
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Proyek
Proyek
Proyek
|
SOAL PENILAIAN PENGETAHUAN
A. Soal Tes Uraian
Jawablah pertanyaan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan
jelas!
1.
Jelaskan pengertian serat!
2.
Tuliskan
4 jenis produk kerajian yang menggunakan bahan dasar serat ?
3.
Tuliskan
karakteristik serat biji kapas dan serat daun nenas!
4.
Uraikan
teknik pengolahan serat pisang menjadi bahan kerajinan !
5.
Tuliskan
bahan dan alat yang diperlukan dalam pembuatan toples kue dari serat pisang!
6.
Tuliskan
dan jelaskan secara singkat tahapan pembuatan produk kerajinan serat pisang.!
B.
Kunci jawaban
1. Serat adalah suatu jenis
bahan yang berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang
yang utuh. Saat ini terdapat berbagai macam jenis serat baik yang berasal dari
alam maupun yang dibuat oleh manusia (man made),
2.
Kerajinan dari bahan serat
1.
Tas
2.
Sandal
3.
Topi
4.
Tempat tissu
3
a. Karakteristik serat kapas adalah warna
serat kapas secara umum adalah putih
cream,kekuatan serat kapas terutama
dipengaruhi oleh kadar selulosa dalam
serat,serat kapas mempunyai afinitas yang
besar terhadap air
a.
Karakteristik
Serat daun nanas adalah bahan serat nanas jatuhnya kaku dan transparan,persis
seperti bahan organdi,namun serat nanas berkilau lembut,bertekstur bergaris
halus dan agak ringan
4
Teknik
pengolahan serat pisang : pertama-tama pilih batang pisang yang sudah setengah kering lalu jemur pada sinar
matahari sampai benar-benar kering setelah itu di seterika hingga lurus dan menjadi lembaran.
5
Alat : cutter/gunting,mistar,setrika sedangkan bahannya
:batang pisang kering,lem ,kaleng susu,kain goni,biji-bijian/kancing
6
Cara pembuatan : Pertama-tama ambil pelepah pisang/batang
pisang yang sudah dikeringkan dan seterika lalu potong sesuai yang di inginkan
setelah itu rekakan pada sekeliling kaleng susu dengan menggunakan lem,tutup
kaleng di bungkus dengan kain goni dan di beri hiasan pada pinggiran dengan
menggunakan serat pisang yang telah di pilin.untuk lebih mempercantik gunakan
biji-bijian atau kancing sebagai hiasan.
2.
Rubrik Penilaian
Soal no 1
|
Jika jawaban lengkap:sesuai kunci jawaban
|
Skor 10
|
Jika jawaban kurang lengkap:
|
Skor 7,5
|
|
Jika jawaban kurang lengkap:
|
Skor 5,0
|
|
Jika jawaban kurang lengkap:
|
Skor 2,5
|
|
Soal no 2
|
Jika peserta didik dapat menulis 4 jenis produk kerajinan
|
Skor 10
|
Jika peserta didik dapat menulis 3 jenis
|
Skor 7,5
|
|
Jika peserta didik dapat menulis 2 jenis
|
Skor 5,0
|
|
Jika peserta didik dapat menulis 1 jenis
|
Skor 2,5
|
|
Soal no 3
|
Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 teknik pengolahan
|
Skor 10
|
Jika peserta didik dapat menyebutkan 3
teknik
|
Skor 7,5
|
|
Jika peserta didik dapat menyebutkan 2
teknik
|
Skor 5,0
|
|
Jika peserta didik hanya dapat menyebutkan
1 teknik
|
Skor 2,5
|
|
Soal no 4
|
Jika jawaban
menuliskan10 alat dan bahan.
|
Skor 10
|
Jika jawaban
menuliskan9 alat dan bahan
|
Skor 9
|
|
Jika jawaban 8
alat dan bahan
|
Skor 8
|
|
Jika jawaban 7
alat dan bahan
Dan seterusnya tiap 1 jawaban mendapat skor nilai 1
|
Skor 7
|
|
Soal no 5
|
Jika peserta didik menulis 10 langkah proses membatik
|
Skor 50
|
Jika peserta didik menulis .9
|
Skor 45
|
|
Jika peserta didik menulis.8
|
Skor 40
|
|
Jika peserta didik menulis.7
Danseterusnya tiap 1 jawaban mendapat skor nilai 5
|
Skor 35
|
|
J U M L A H S K O R T O T A L
|
100
|
Kriteria Penilaian
Catatan:
Besar skor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran
berdasarkan jenjang pengetahuan yang diukur (C1-C6) dan tingkat kesulitan soal.
Nilai Peserta didik menggunakan rumus:
PENILAIAN KETERAMPILAN
Sekolah : SMP…………………
Mata
Pelajaran : Prakarya (Kerajinan)
Kelas/Semester : VII/Satu
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (2 JP)
Soal Penilaian Praktik.
1)
Buatlah rancangan pembuatan kerajinan produk
kerajinan serat pisang!
2)
Siapkanlah bahan dan alat yang digunakan dalam kerajinan
produk kerajinan serat pisang!
3)
Lakukanlah proses pembuatan kerajinan produk
kerajinan serat pisang sesuai urutan kerjanya!
4)
Perhatikan keselamatan kerja!
5)
Buatlah laporan setelah praktik
pembuatan produk kerajinan serat pisang!
Ketentuan
Praktik:
1)
Semua bahan berupa pokok dan bahan penunjang dsb (sesuai rencana) disiapkan
secara lengkap.
2)
Semua peralatan disiapkan secara
lengkap.
3)
Waktu pengerjaan 80 menit.
a.
Aspek yang dinilai:
1)
Perencanaan, meliputi:
a) Identifikasi kebutuhan,
b) Ide gagasan.
2).
Pelaksanaan/Pembuatan, meliputi;
a)
Persiapan
bahan,
b)
Persiapan
alat.
3). Penyajian,
meliputi:
a)
Produk,
b)
Pengemasan.
b. Lembar Penilaian Kinerja Pembuatan Kerajinan Produk kerajinan
serat pisang
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang Dinilai
|
Total
Perolehan Skor
|
Nilai
Akhir
|
||||||
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Hasil
Produk
|
|||||||
Sesuai dengan kebutuhan rancangan peserta didik
|
Orisinil
|
Kelengkapan
Bahan
|
Kelengkapan
Alat
|
Metode
yang digunakan
|
Tingkat kesesuaian warna
|
Kesesuaian Bahan Pengemasan
|
|||
1.Dian
|
9
|
8
|
7
|
7
|
7
|
8
|
8
|
54
|
(54/7)X10=
77, 14
|
2.Ika
|
9
|
8
|
9
|
8
|
8
|
8
|
7
|
57
|
(57/7)X10=
81,42
|
3.Rian
|
9
|
8
|
8
|
7
|
8
|
8
|
8
|
56
|
(56/7)X10=
80
|
4.Beni
|
|||||||||
Keterangan:
Nilai Akhir
= Total Perolehan Skor x 10
Jumlah Butir yang Dinilai
|
c. Rubrik Penilaian Kinerja Pembuatan
Kerajinan Produk kerajinan serat pisang
ASPEK YANG DINILAI
|
BUTIR YANG DINILAI
|
PEDOMAN
PENILAIAN
|
|
I. Perencanaan
|
A. Identifikasi kebutuhan
|
Kesuaian dengan kebutuhan peserta didik
|
Rentang skor
setiap butir yang dinilai 0-10.
Nilai Akhir=
Total Perolehan Skor x 10
Jumlah Butir yang Dinilai
|
B. Ide gagasan
|
Orisinil (gagasan sendiri)
|
||
II. Pelaksanaan/ Pembuatan
|
A.
Persiapan
Bahan
|
Kelengkapan
Bahan
|
|
B. B. Persiapan Alat
|
Kelengkapan alat
|
||
C. Proses Pembuatan
|
Metode yang digunakan
|
||
III
Produk
|
A. Produk
|
Tingkat kesesuaian warna
|
|
B.
Pengemasan
|
Kesesuaian bahan pengemasan
|
nuhun ilmuna. izin copas bu guru
BalasHapus